Tugas dan Fungsi

Tugas

  1. Pelayanan Informasi Publik kepada Pemohon Informasi Publik yang cepat, tepat, dan sederhana;
  2. Menyusun standar operasional prosedur pelaksanaan tugas dan kewenangan PPID BPPT dalam rangka penyebarluasan Informasi Publik;
  3. Menetapkan Daftar Informasi Publik dalam bentuk keputusan PPID BPPT mengenai Daftar Informasi Publik BPPT;
  4. Melaksanakan Pengklasifikasian Informasi Publik atau perubahannya dengan persetujuan Atasan PPID BPPT dalam bentuk keputusan PPID BPPT mengenai klasifikasi informasi BPPT;
  5. Menetapkan Informasi Publik yang Dikecualikan sebagai Informasi Publik menetapkan pertimbangan tertulis atas setiap kebijakan yang diambil guna memenuhi hak setiap orang atas Informasi Publik;
  6. Mengoordinasikan dengan PPID unit kerja:
  • Pelayanan Informasi Publik kepada Pemohon Informasi Publik
  • Penyebarluasan dan pendokumentasian Informasi Publik PPID Unit Kerja
  • Penyusunan Daftar Informasi Publik BPPT
  • Pengujian Konsekuensi Informasi Publik
  • Penanganan penyelesaian Sengketa Informasi Publik
  • Pengembangan Pelayanan Informasi Publik
  • Penyusunan Daftar Informasi Publik dan Informasi yang Dikecualikan
  • Pemutakhiran Daftar Informasi Publik.
  1. Melakukan Uji Konsekuensi terhadap Informasi Publik yang tidak dapat diakses oleh masyarakat sebagaimana dimaksud dalam peraturan perundang-undangan mengenai keterbukaan Informasi Publik;
  2. Memberikan alasan tertulis atas pengecualian Informasi Publik, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak;
  3. Menetapkan dan menugaskan petugas layanan informasi untuk membantu pelaksanaan tugas PPID BPPT;
  4. Melakukan pengembangan kompetensi petugas layanan informasi guna meningkatkan kualitas layanan Informasi Publik;
  5. Menggunakan Sistem Informasi PPID dalam pengelolaan layanan Informasi Publik;
  6. Menyediakan Informasi Publik yang mutakhir pada portal BPPT dan Sistem Informasi PPID;
  7. Memelihara dan/atau memutakhirkan informasi pada portal BPPT dan Sistem Informasi PPID paling kurang 1 (satu) kali dalam 1 (satu) bulan;
  8. Membuat dan menyampaikan laporan empat bulanan layanan Informasi Publik kepada Atasan PPID BPPT;
  9. Membuat dan mengumumkan laporan tahunan layanan Informasi Publik serta menyampaikan salinannya kepada Komisi Informasi Pusat;
  10. Menyebarluaskan Informasi Publik yang dihasilkan Unit Kerja melalui media elektronik dan/atau nonelektronik; dan media sosial;
  11. Mengelola administrasi Pelayanan Informasi Publik.

 

Fungsi

Melakukan pembinaan, pengawasan, dan evaluasi atas pelaksanaan kebijakan Pelayanan Informasi Publik yang dilakukan oleh PPID BPPT.


© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT